Thursday, June 26, 2008

Tape Ketan Hitam

Jaman saya masih kecil dulu kalo mau makan Tape harus ke Sengkang, itupun adanya saat lebaran saja. Setelah besar, lucky ada tetangga yang suka supply Tape.. setelah menikah dan tinggal jauh dari kampung halaman, saya bikin sendiri ^_^

Bahan :
500 gr Beras ketan hitam, rendam kurang lebih 6 jam
2 butir ragi, haluskan (saya pakai parutan bumbu kemudian diayak)

Cara :
Kukus beras ketan hitam yang sudah direndam (kalo saya kurang lebih 20 menit, kemudian disiram dengan air hangat dan dimasak lagi kurang lebih 5 menit, tapi lamanya pengukusan mungkin tergantung kualitas berasnya)

Dinginkan ketan hitam sampai benar-benar dingin kemudian taburi ragi di atasnya. Aduk-aduk sebentar kemudian masukkan ke dalam wadah yang kedap udara.
Saya melapisi wadah Tape bagian bawah dan bagian atas dengan daun pisang, biar ada wangi daun pisang setelahnya ^_^

Tips :
Saat membuat Tape ini, alat-alat yang digunakan sebaiknya benar-benar steril dari minyak (Thanks to M for the tips)

No comments: